Cara Rahasia Menjadi Seperti Perawan Kembali

Senin, 28 Juni 2010

Buah Zakar Anak Baru Turun Satu


JAGA KESEHATAN BUAH PELIR DANPENIS ANDA DENGANKONSUMSI RUTIN BIN MUHSIN FENNEL-SYUMAR -ADAS UNTUK PEMESANAN HUBUNGI BIN MUHSIN HP: 085227044550 Tlp: 021-91913103 SMS ONLY: 081213143797@MyYM @MyFacebook @MyTwitter @MyYuwie @MyFriendsterbinmuhsin_group@yahoo.co.id BELANJA ONLINE KLIK www.binmuhsingroup.com
===
Selamat pagi dokter, saya mau tanya tentang anak saya yang lahir dengan satu buah zakar yang belum turun. Apa yang harus saya lakukan agar buah zakar anak saya dapat normal? Terimakasih.

Eddy Margo, edyy_margo@yahoo.com.sg


Jawaban

Buah zakar yang tidak turun disebut undescended testis (UDT), artinya testis tidak turun pada tempatnya (skrotum/ kantung zakar). Testis berada tidak pada tempat yang seharusnya akan mengganggu spermatogenesis (pembentukan sperma) sehingga akan mempengaruhi kesuburan seorang laki-laki.

Secara normal testis sudah turun saat anak lahir. Namun bila testis belum turun hanya satu (satu testis sudah turun) ke kantung zakar dan tidak ditemukan kelainan kelamin, dapat ditunggu hingga 6 bulan yang diharapkan akan turun sendiri.

Tetapi bila 2 testis belum turun dan atau disertai kelainan kelamin, perlu tindakan segera karena ditakutkan terdapat kelainan alat kelamin. Pemeriksaan yang dilakukan adalah pemeriksaan USG/MRI dan pemeriksaan hormon, untuk melihat apakah terdapat organ testis dan apakah terdapat kelainan yang lain dalam rongga perut.

Dahulu tindakan yang dilakukan dengan segera operasi, tetapi dengan kemajuan tenologi, sekarang dapat dilakukan pemberian hormon HcG untuk menurunkan testis.

Bila usia anak sudah di atas 2 tahun harus segera operasi dan tidak boleh ditunda. Testis terlalu lama di rongga perut (sampai usia di atas 2 tahun) tidak baik, karena dapat rusak dan dalam jangka panjang ditakutkan akan timbul keganasan (kanker testis).

Dr Aditya Suryansyah SpA
RSAB Harapan kita , Jln Let Jen.S Parman Kav 87, Slipi, Jakarta Barat, Telp 5668284
RSIA Buah Hati, Jln Aria Putra 399, Sarua Indah, Ciputat, Telp 7463856(ir/ir)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar